Banner 468 x 60px

 

Senin, 14 Mei 2012

GAYA TAMAN MINIMALIS


TAMAN yang baik adalah taman yang mampu menyelaraskan antara bangunan rumah dan lingkungan sekitar. Begitu pula dengan konsep rumah minimalis harus diimbangi oleh desain rumah dan taman minimalis yang berkolaborasi secara harmonis. Menjadi minimalis yang alami.
Pemahaman ruang secara proporsional, kombinasi material keras (beton, baja, kayu, kaca, batu bata, batu kali, granit, koral, kerikil, pasir) dan lunak (pohon, perdu, semak, pengalas, rumput) dengan tepat menghasilkan keharmonisan dan keselarasan antara bangunan rumah, interior ruang dalam, dan taman dengan lingkungan sekitar. Ekspos dominasi bahan material tertentu akan menghasilkan efek yang berbeda-beda.
Taman minimalis memadukan penerapan teknologi sederhana dan canggih dengan optimalisasi bahan-bahan alami, kompleksitas dan makna simbolik yang filosofis, murni dan dramatisasi, warna senada dan warna-warni.
Pemahaman yang tepat terhadap konsep minimalis Barat dan Timur akan menghasilkan taman minimalis yang selaras dengan bangunan dan lingkungan sekitar. Konsep minimalis Barat menekankan perpaduan esensi seni dan arsitektur, komposisi yang tepat dan presisi, proporsional, kemurnian material, hierarki ruang yang jelas dan runut, refleksi kualitas dan pemikiran budaya lokal. Sedangkan konsep minimalis Timur yang sedikit banyak dipengaruhi Zen-Buddhisme.
Taman mencerminkan energi alam. Energi adalah sumber kehidupan. Maka, kehadiran taman (minimalis) dapat memberikan energi sumber kehidupan bagi penghuni rumah.
Taman minimalis yang kompak, trendi, efisien ruang, efektif pemakaiannya, dan mudah pemeliharaannya membuat konsep taman minimalis semakin digemari berbagai kalangan yang mendambakan kehadiran alam di rumahnya. Taman minimalis dapat dikembangkan secara keseluruhan atau sebagian sesuai dengan lahan taman yang tersedia. Taman dapat dibangun di halaman depan dan atau belakang (kavling rumah tengah), dan halaman samping (kavling pojok), serta teras balkon depan, tengah/samping, belakang (rumah tingkat).
Sebagai perluasan ruang dan penyatuan rumah dengan alam, sebagian fungsi-fungsi ruang dalam rumah mulai ditarik keluar mendekati alam, seperti ruang tamu (formal) dan taman teras depan, ruang keluarga dan ruang makan dengan taman samping atau taman teras belakang, kamar mandi semi terbuka di taman samping. Taman belakang dapat dikembangkan menjadi tempat pesta keluarga yang cukup privasi.
Sebaliknya, alam juga dapat ditarik ke dalam ruang rumah, ruang tamu atau ruang keluarga dengan penempatan pot-pot tanaman segar, dilengkapi kolam ikan di taman samping, dinding-dinding kaca air di ruang keluarga dan dapur.
Tema taman minimalis dapat dikembangkan sesuai selera, seperti taman air (tanaman air dan kolam), taman tropis (tanaman berbunga/berdaun warna-warni), taman terapi, taman aromatik (tanaman beraroma khas), taman apotek hidup (tanaman berkhasiat obat), atau taman rempah (tanaman kebutuhan memasak). Pertimbangkan tanaman yang mudah pemeliharaan dan perawatannya, termasuk media tanam dan jenis pupuk alami atau buatan.
Taman minimalis bertema taman air dapat ditampilkan dengan dominasi tanaman air dan kolam air yang dibuat memberikan efek sebagai air mancur, air muncrat, atau air jatuh. Efek gemercik air secara teratur dapat menenangkan pikiran dan kejiwaan penghuni. Gemercik atau ketenangan air di kolam geometris, kerindangan pohon, beralaskan rumput atau dominasi pasir kerikil, sorot sinar matahari menembus keteduhan pohon atau sorot lampu taman (gantung, sorot atas/bawah) yang ditata artistik, menciptakan keheningan taman surgawi sebagai tempat pelarian di tengah-tengah belantara hutan beton kota yang keras, gersang, dan polutif.
Kehadiran taman minimalis yang ringkas (sedikit ornamen dekoratif), dinamis (unsur tanaman dan air), praktis (bentuk lugas, pemeliharaan mudah), efisien (optimalisasi ruang terbatas), dan efektif (taman terapi) dirasakan sangat tepat memberikan kenyamanan di ruang kota yang semakin sesak oleh bangunan. Permainan lampu yang tepat dapat memberikan efek dramatis, romantis, atau hening dalam taman di malam hari.
Taman minimalis tidak memerlukan pemeliharaan dan perawatan yang rumit. Semua serba praktis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar